Front Office
Bagian-bagian yang ada di Front Office
– Reservation
Tugasnya adalah mengatur jadwal tamu yang melakukan resevasi yang
akan menginap di hotel.Penting bagi hotel untuk mempunyai petugas
reservasi saat Tingkat hunian (Occupancy) hotel sudah sangat tinggi.
Dengan adanya petugas resevasi ini, maka tingakt hunian hotel akan bisa
di jaga tetap tinggi, selain juga bisa mengatur jangan sampai ada tamu
yang double book dalam melakukan reservasi.
– Reception
Bagian ini bertugas untuk melakukan penyambutan pada tamu yang baru
masuk hotel. Data dari tamu yang akan di sampbut di peroleh dari petugas
reservasi
– Cashier
Mencatat keluar masuknya keuangan yang berhubungan dengan pembayaran yang dilakukan tamu hotel
– Marketing
Melakukan penjualan kamar dan penentuan harga kamar
– House keeping
Menjaga kebersihan dan kelancaran pelayanan operasional hotel
– Manager
Membawahi bagian-bagian yang ada di front office sekaligus
bertanggung jawab pada kelacancaran tugas semua bagian. Biasanya di
beberapa hotel, house keeping tidak di bawah manager Front Office, akan
tetapi sebuah departement tersendiri
Semua bagian ini mengatur bagaimana kita melayani tamu mulai dari reservasi sampai dengan mereka Check Out
Dan yang kedua adalah bagian
Back Office
Adapun bagian-bagiannya adalah sebagai berikut
– Income Officers (pendapatan)
Bertugas untuk mencatat pendapatan yang di peroleh dari penjualan
kamar dan restoran, biasanya petugas di bagian ini mendapat laporan dari
cashier front office, dimana petugas ini akan merekap semua pendapatan
dari tiga shift kasir Front office dan membukukannya dalam sebuah jurnal
pendapatan
– Account Receivable Officer (piutang)
Mirip dengan petugas income officer, bedanya adalah jika yang di
hitung oelh bagian income officer adalah semua pendapatan hotel baik
secara kas maupun piutang, sedangkan yang piutang di serahkan ke bagian
Account receivable untuk di kelola dan di tagihkan
– Purchasing and Reciving officer (pembelian)
Bagian pembelian untuk keperluan hotel Supplies maupun keperluan Restoran
– Account Payable Officer (hutang)
Jika bagian purchasing membelinya secara hutang, maka data hutang
akan di oper ke bagian Account Payable untuk di kelola dan di bayarkan
– Cost control officer
Karena bisnis hotel merupakan bisnis jasa penyewaan kamar dan
restoran, maka perlu adanya bagian cost control ini agar bisa mengatur
item-item mana saja yang menguntungkan dan mana yang tidak
– Chief Accounting
Mirip dengan Front Office Manager , bedanya Chief Accounting ini
bertanggung jawab pada operasional back office serta memberikan laporan
keuangan
Rabu, 26 April 2017
Home »
» Pembagian Tugas dan kewenangan pada bisnis Hote
0 komentar:
Posting Komentar