Rabu, 26 April 2017

bagian hotel

Pembagian Tugas dan kewenangan pada bisnis Hotel

Image

Saya ingin berbagi pada Anda mengenai apa yang saya tahu tentang sedikit management hotel , terutama pada bagian pembagian tugas mulai dari Front Office (Bagian Depan) dan Back Office (Bagian Belakang) pada sebuah bisnis Hotel.
Tidak selalu yang saya sampaikan  harus menjadi stadart bagian yang harus ada pada sebuah bisnis hotel. Ada atau tidaknya sebuah bagian, tergatung pada besar kecilnya sebuah hotel, akan tetapi Bagian-bagian ini sebaiknya memang harus ada di sebuah bisnis hotel
Secara garis besar pembagian tugas di bagi menjadi 2 bagian yaitu di bagian Front Office dan satunya lagi adalah di bagian Back Office
Ok… sekarang mari kita bahas satu persatu bagian –bagian tersebut, kita mulai dari

Front Office
Bagian-bagian yang ada di Front Office
–          Reservation
Tugasnya adalah mengatur jadwal tamu yang melakukan resevasi yang  akan menginap di hotel.Penting  bagi hotel untuk mempunyai petugas reservasi saat Tingkat hunian (Occupancy) hotel sudah sangat tinggi. Dengan adanya petugas resevasi ini, maka tingakt hunian hotel akan bisa di jaga tetap tinggi, selain juga bisa mengatur jangan sampai ada tamu yang double book dalam melakukan reservasi.
–          Reception
Bagian ini bertugas untuk melakukan penyambutan pada tamu yang baru masuk hotel. Data dari tamu yang akan di sampbut di peroleh dari petugas reservasi
–          Cashier
Mencatat keluar masuknya keuangan yang berhubungan dengan pembayaran yang dilakukan tamu hotel
–          Marketing
Melakukan penjualan kamar dan penentuan harga kamar
–          House keeping
Menjaga kebersihan dan kelancaran pelayanan operasional hotel
–          Manager
Membawahi bagian-bagian yang ada di front office sekaligus bertanggung jawab pada kelacancaran tugas semua bagian. Biasanya di beberapa hotel, house keeping tidak di bawah manager Front Office, akan tetapi sebuah departement tersendiri
Semua bagian ini mengatur bagaimana kita melayani tamu mulai dari reservasi sampai dengan mereka Check Out
Dan yang kedua adalah bagian
Back Office
Adapun bagian-bagiannya adalah sebagai berikut
–          Income Officers (pendapatan)
Bertugas untuk mencatat pendapatan yang di peroleh dari penjualan kamar dan restoran, biasanya petugas di bagian ini mendapat laporan dari cashier front office, dimana petugas ini akan merekap semua pendapatan dari tiga shift kasir Front office dan membukukannya dalam sebuah jurnal pendapatan
–          Account Receivable Officer (piutang)
Mirip dengan petugas income officer, bedanya adalah jika yang di hitung oelh bagian income officer adalah semua pendapatan hotel baik secara kas maupun piutang, sedangkan yang piutang di serahkan ke bagian Account receivable untuk di kelola dan di tagihkan
–          Purchasing and Reciving officer (pembelian)
Bagian pembelian untuk keperluan hotel Supplies maupun keperluan Restoran
–          Account Payable Officer (hutang)
Jika bagian purchasing membelinya secara hutang, maka data hutang akan di oper ke bagian Account Payable untuk di kelola dan di bayarkan
–          Cost control officer
Karena bisnis hotel merupakan bisnis jasa penyewaan kamar dan restoran, maka perlu adanya bagian cost control ini agar bisa mengatur item-item mana saja yang menguntungkan dan mana yang tidak
–          Chief Accounting
Mirip dengan Front Office Manager , bedanya Chief Accounting ini bertanggung jawab pada operasional back office serta memberikan laporan keuangan

0 komentar:

Posting Komentar